Find out our product. Here!

6 Kiat Agar Hidup Produktif Bisa Terwujud

Menjadi seorang produktif adalah dambaan bagi setiap orang. Mengapa tidak? Dengan menjadi produktif, kita jadi bisa menggunakan waktu lebih efisien. S


Apakah Anda adalah tipe orang yang suka bermalas-malasan dalam mengerjakan tugas kuliah atau pekerjaan? Apakah Anda ingin mengubah kebiasaan tersebut? Selamat, Anda berada pada artikel yang tepat. Pada artikel kali ini, kita akan fokus membahas bagaimana kiat agar hidup produktif bisa terwujud.

Menjadi seorang produktif adalah dambaan bagi setiap orang. Mengapa tidak? Dengan menjadi produktif, kita jadi bisa menggunakan waktu lebih efisien. Sehingga tidak ada lagi pekerjaan yang menumpuk dan diri terhindar dari stres.

Namun, tak banyak yang tahu bagaimana tips atau kiat untuk menjalani hidup yang lebih produktif. Nah, bagi Anda yang penasaran dan ingin tahu caranya, simak arikel ini sampai habis.

 



1.       Bangun Pagi Sedini Mungkin

Tips pertama yang harus Anda lakukan agar menjadi orang produktif adalah bangun pagi sedini mungkin. Banyak orang yang mendamba hidup produktif, namun mengawali hari saja mereka bermalas-malasan. Sudah banyak studi yang mengatakan bahwa jika ingin melihat kehidupan orang selama 24 jam, maka tengok saja aktivitas paginya.

Usahakan untuk bangun pagi sedini mungkin. Lakukan hal-hal positif seperti beribadah, membersihkan, olahraga, dan mandi pagi. Jangan menghabiskan waktu pagi dengan tidur sampai kesiangan. Jangan pula menghabiskan waktu pagi dengan bermain media sosial.

2.       Buat Jadwal Harian

Membuat jadwal harian adalah hal mutlak yang harus dilakukan bila ingin hidup produktif. Dengan memiliki jadwal harian, hidup Anda menjadi lebih terarah dan terhindar dari aktivitas bermalas-malasan. Catatlah jadwal harian tersebut dan patuhi.

Buatlah jadwal harian lengkap dengan waktunya. Misalnya, jadwal untuk bekerja, makan, istirahat, dan hiburan. Lebih spesifik waktu dan jadwalnya, maka akan semakin baik.

Baca : Bullet journal untuk pengembangan diri

Diary, Journal, Pen, Notebook, January, Desk, Office

3.       Jangan Lupa Sarapan (isi kebutuhan energi)

Jika ingin hidup lebih produktif, maka jangan lupa untuk sarapan pagi. Banyak orang yang menghindari sarapan pagi dengan berbagai alasan. Padahal, salah satu trik untuk produktif adalah memiliki stamina yang baik. Dengan rutin sarapan pagi, sudah pasti stamina Anda untuk memulai hari, akan lebih baik.

Baca : Tips agar berfikir positif

4.       Ketahui Prioritas Pekerjaan

Mungkin Anda adalah tipe orang yang sibuk dengan berbagai aktivitas dan tugas. Nah, biasanya orang yang demikian akan sibuk untuk memilih pekerjaan mana yang ingin dikerjakanterlebih dahulu. Akhirnya, bukan malah dikerjakan tapi justru dibiarkan menumpuk.

Maka dari itu, susunlah prioritas pekerjaan Anda dari yang terpenting sampai yang tidak penting. Kerjakan dahulu pekerjaan yang penting di pagi hari, selagi semangat dan fokus masih tajam.

5.       Jangan Lupa Istirahat

Banyak orang yang menganggap bahwa hidup produktif adalah dimulai dengan memaksimalkan waktu kerja sampai larut. Hal ini tentunya salah, orang yang produktif adalah mereka yang pandai mengatur waktu. Mereka tahu mana jam kerja dan mana waktu istirahat. Jangan pernah mengabaikan waktu istirahat di sela-sela pekerjaan yang padat.

Cat, Pet, Sleep, Domestic Cat, Animal, Rest, Relaxation

6.       Jangan Begadang

Seperti yang telah disampaikan pada poin di atas. Seorang yang hidup produktif tidak akan melupakan jam istirahatnya. Begitu pula dengan aktivitas pada malam hari. Apabila ingin menjadi seorang konsisten dengan hidup yang produktif, maka jangan coba-coba tidur larut malam alias begadang.

Begadang hanya boleh dilakukan jika ada aktivitas penting yang harus dikerjakan. Jika tidak, lebih baik untuk merehatkan tubuh dan pikiran agar besoknya dapat bekerja secara optimal kembali. Seseorang yang gemar begadang akan mengakibatkan tubuhnya menjadi kurang bertenaga dan fokus pada keesokan harinya.

 


 

Read Also :
Holla, we share any interesting view for perspective and education sharing❤️

Post a Comment

© elgharuty. All rights reserved. Developed by Jago Desain