Find out our product. Here!

Cara membuat Bullet Journal untuk Pengembangan Diri

bullet journal adalah gabungan dari catatan rencana harian dan jurnal. Dengan membuat bullet journal, kita bisa mengisinya dengan catatan untuk diri
Pernah mendengar tentang bullet journal?

Sederhananya, bullet journal adalah gabungan dari catatan rencana harian dan jurnal. Dengan membuat bullet journal, kita bisa mengisinya dengan catatan untuk diri sendiri, catattan kalender, jadwal kegiatan, juga tujuan yang ingin kita raih.

Diary, Journal, Notebook, Notepad, Bullet Journal

Nah, kita juga bisa menggunakan ide bullet journal seperti berikut ini.

1.       Mencatat perasaan baik

        Tulislah semua hal atau kegiatan yang membuatmu merasa nyaman dan senang. Tulislah semua hal itu, meski pun itu adalah hal yang jarang sekali kita lakukan atau sering kita lupakan betapa menyenangkannya.

Dengan begitu, jika pada suatu hari kita merasa sedih atau down, kita bisa membaca catatan ini dan melakukan hal yang membuatmu senang.

2.       Uraikan kebaikan dan keburukan diri

        buatlah dua kolom. Di satu kolom, kita harus menuliskan apa saja hal yang baik dari dirimu sendiri. Seperti apa dirimu dalam versi terbaikmu?  Di kolom satunya, tulislah semua keburukan yang bisa atau pernah kita lakukan.

        Intinya adalah kita bisa menyadari bahwa pada suatu waktu, kita melakukan hal buruk itu lagi. Jadi, kita harus memperbaiki dirimu dan berhenti melakukan itu. Juga, ketika kita melakukan hal baik, kita bisa memuji dirimu sendiri.

  Baca : 7 cara simple memulai pengembangan diri

3.       Catatan untuk besok


 

4.       Review per minggu

        Jika kita biasa menulis diari, maka kita bisa menggunakan ini untuk me-review apa saja yang terjadi selama satu minggu terakhir. Mungkin hanya dua baris, mungkin kita bisa menulis sampa satu halaman penuh.

        Hal yang penting adalah kita bisa menyimpulkan bagaimana minggu itu bagimu. Apa yang berjalan dengan baik? Apa yang perlu kita perbaiki dari dirimu sendiri? Apa saja tugas yang sudah kita kerjakan?

 

5.       Tujuan harian

        Hampir sama dengan catatan harian, kita bisa membuat apa sih tujuan atau hal yang harus kita lakukan hari itu? Atau kita juga bisa menulis suatu quote, satu kata, satu mantra. Apa pun itu bisa kita jadikan sebagai pegangan di hari itu.

        Dengan menuliskannya, itu akan membuatmu teringat dan tetap fokus untuk menjalani hari.

 

6.       Tempat buangan untuk ide tertentu

        Jika kita punya pikiran yang sangat suka berkeliaran, ini adalah hal yang cocok untukmu. Kita bisa menuliskan semua ide, termasuk ide untuk bisnis, hal yang  harus kita lakukan, atau juga hal yang ingin kita kerjakan.

        Dengan menuliskannya, itu akan membuatmu tidak memikirkannya terus menerus, namun kita juga bisa membacanya kembali dan teringat akan ide atau hal yang belum kita lakukan.

 

7.       Catatan personal dan pekerjaan

        Dengan mencatat kedua hal ini secara terpisah, itu akan membuatmu lebih fokus tanpa harus mencampurkan kehidupan pribadi dengan pekerjaanmu. Demikian, kita juga bisa membagi waktu untuk menyelesaikan pekerjaan, namun juga tetap bisa mengembangkan diri sendiri.

 

8.       Ingatlah pada kemenangan/capaian

        Terkadang kita terlalu keras pada dirimu sendiri. Maka, ingatlah bahwa kita juga harus mengakui “kemenangan” yang kita capai beberapa waktu terakhir. 

        Kita bisa menulis semua hal kecil yang membuatmu merasa telah memenangkan sesuatu, atau hal luar biasa yang tidak kita sangka namun terjadi begitu saja.

 Baca : Self Improvement dalam meningkatkan kualitas diri

9.       Jurnal mini untuk menghadapi masalah

        Jika kita kebetulan seorang penulis, mungkin kita juga lebih nyaman untuk menghadapi masalahmu dengan menulis.

        Kita bisa menuliskan daftar pro vs con, atau sesi tanya jawab dengan dirimu sendiri, juga menuliskan semua hal yang mengganggumu.

 

semoga dapat membantu :)

Read Also :
Holla, we share any interesting view for perspective and education sharing❤️

Post a Comment

© elgharuty. All rights reserved. Developed by Jago Desain