Find out our product. Here!

apa peran pertanian bagi peradaban manusia? menilik sejarah bangsa natufia.

opulasi manusa sekarang kian bertumbuh bahkan pada tingkat yang mengkhawatirkan, komunitas manusia kuno terdahulu mulai mendomestikasi sumber daya dan

    Populasi manusa sekarang kian bertumbuh bahkan pada tingkat yang mengkhawatirkan, komunitas manusia kuno terdahulu mulai mendomestikasi sumber daya dan beralih ke pertanian, tujuannya jelas untuk memberi makan jumlah mulut yang terus bertambah. 

Desa-desa mulai tumbuh dan memperoleh peran baru ketika mereka menetap di sepanjang jalur perdagangan dan situs keagamaan. Sebagai contoh, mari kita lihat orang Natufia yang tinggal di Fertile Crescent di sebelah timur Mediterania. 

Awalnya, komunitas orang-orang ini adalah pengumpul; namun, banyak tempat yang mereka tempati dengan cepat berkembang menjadi kota dengan kebutuhan sumber daya yang terus meningkat.



    Seiring bertambahnya populasi, orang Natufia harus mengekstrak lebih banyak sumber daya dari tanah, ini berarti mereka perlu merawat tanah dengan lebih hati-hati dan akhirnya menggunakan beberapa konsep pertanian. 

Tentu saja, pada awalnya manusia enggan menjadi petani. Bagaimanapun, bertani adalah kerja keras. Ketika kita melihat tulang-tulang wanita Natufian, kita dapat melihat bukti yang jelas dari keausan karena berjam-jam bergerak di lutut mereka saat mereka menggiling gandum. 

Selain itu, tulang para petani awal menunjukkan tanda-tanda stres terkait dengan kerja intensif yang diperlukan untuk membajak, memanen tanaman, menebang pohon, dan membangun pagar.

    Namun, seiring berjalannya waktu, kebutuhan akan pertanian terus berlanjut dan pertanian akhirnya mulai mengubah kehidupan manusia. Tetapi bertani tidak hanya memberi petani makanan, kayu, dan serat. Pertanian juga memberi mereka akses tidak langsung ke aliran energi baru. 

Misalnya, manusia dapat menghasilkan energi paling banyak sekitar 75 watt, sedangkan kuda atau lembu dapat menghasilkan energi hingga sepuluh kali lipat. Semua energi ekstra itu sekarang dapat digunakan untuk membajak tanah lebih dalam atau untuk meningkatkan produksi tanaman dan hewan yang memiliki kegunaan lain selain makanan, seperti rami dan kapas. 

Atau mereka bisa menanam pohon dan menggunakan kayunya untuk membangun rumah, pertanian, lumbung, dan pagar, atau membakarnya untuk memasak makanan dan menghangatkan rumah mereka.


    Berkat semua energi yang baru ditemukan ini, kehidupan manusia mulai berubah secara drastis. Sekarang orang-orang adalah pengembara pastoral yang bepergian dari satu tempat ke tempat lain, mereka membawa lebih dari sekedar barang dan orang. 

Mereka juga membawa ide, teknologi, dan bahkan penyakit melalui Jalur Sutra Afro-Eurasia. Komunitas sekarang dapat bekerja sama dan berbagi ide serta sumber daya. Misalnya, di Irak modern, curah hujan sangat sedikit sehingga mereka perlu mengalihkan air dari sungai Tigris dan Efrat agar berhasil bertani. 

Pada awalnya, para petani menggunakan parit sederhana yang mereka gali sendiri. Akhirnya, masyarakat berkolaborasi untuk membangun dan memelihara sistem kanal dan tanggul yang rumit untuk menciptakan daerah yang cocok untuk pertanian irigasi.

    Ketika produktivitas pertanian meningkat, para petani mulai menghasilkan surplus makanan, barang, dan bahkan reproduksi manusia. Sekarang setelah lebih sedikit tangan yang dibutuhkan untuk bertani, orang memiliki lebih banyak waktu untuk kegiatan lain - seperti membuat dan menjual pot. 

Misalnya, ada bukti bengkel tembikar yang sudah ada sejak 6.000 tahun yang lalu. Akibatnya, surplus dan populasi terus bertambah dan orang-orang mulai mengkhususkan diri dalam tugas dan profesi, termasuk raja, abdi dalem, imam, pemungut cukai, dan penambang perak.

    Semua kemajuan ini mengarah pada pembangunan jalan untuk memungkinkan perdagangan, seperti Jalan Kerajaan yang menghubungkan Persia ke Mediterania. Jalan ini dibangun pada abad kelima SM dan panjangnya 2.700 km, hanya membutuhkan waktu tujuh hari bagi para pelancong untuk melakukan perjalanan antara dua daerah, peningkatan besar dari waktu perjalanan yang sebelumnya 90 hari. 

Manusia dengan cepat menjadi lebih terbiasa dengan pertukaran barang dan ide, sebuah praktik yang suatu hari nanti akan membentuk cara kita hidup hari ini.

Read Also :
Holla, we share any interesting view for perspective and education sharing❤️

Post a Comment

© elgharuty. All rights reserved. Developed by Jago Desain