Find out our product. Here!

Biografi syaikh said al kamaly al maliky


Siapa yang belum tahu nama syaikh satu ini, seorang ulama' yang dengan senyuman khas mudanya yang bersinar penuh energik dan gaya penampilan elegan ini selalu mendamba di hati.  Mendamba di hati karena bisa tenang dengan melihat wajah aura beliau yang terang benderang bak cahaya bulan purnama. Belum lagi ketika beliau menyebutkan sanad hadits beserta rijal rowinya lengkap beserta sejarah tiap rowinya, lengkap sudah rasanya kagum kita kepada sosok beliau. Karena pengajian beliau di Masjid Sunnah Rabat , merupakan pengajian yang paling banyak muridnya daripada hari lain, tentu saja dalam hal ini dari segi kuantitas. 

Beliau adalah syaikh Said Al-Kamali ibn muhammad (الشيخ سعيد بن محمد الكملي) hafidzhahullah dilahirkan di Ribath pada tahun 1972 (48 Tahun). Seorang ulama ahil fiqh dan ahli hadits dari Maroko. Beliau adalah seorang pelajar hingga menyelesaikan jenjang magister dengan karya ilmiyyah berjudul “Al-Ahkam Asy-Syar’iyyah Fii Al-Asfaar Al-Jawwiyyah” dan beliau juga menyelesaikan jenjang doktoral dengan disertasi berjudul “Al-Ijtihad Al-Mu’aashir Wa Al-Musykilaat Al-Insaaniyyah”.

Sheikh Said Al Kamali dikenal luas oleh kalangan pemuda Islam dari video pengajian rutinnya yang diunggah di Youtube.  Hapalannya yang banyak, dan cara penyampaiannya yang memukau dan mudah dipahami membuatnya disukai oleh banyak orang terkhusus kalangan pemuda.  Kajian rutin beliau yang membahas kitab fiqh Muwattha’ Imam Malik didominasi oleh pemuda. Selain mengisi menjadi dosen dan kajian rutin di Negaranya Maroko, beliau juga sering diundang ke luar negeri, termasuk ke Eropa dan Amerika.

Hafal Al-Quran

Beliau adalah seorang yang cerdas sejak kecil dan seorang anak yang gigih untuk mempelajari agama Allah dan sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Beliau telah hapal Al-Quran di luar kepala beliau. Dengan rentang 6 tahun, beliau selalu berangkat menuju Marakusy setiap pekan duduk di hadapan syaikh al-Muqri’ Abdur Rahim Nabulsi sehingga mendapatkan ijazah Qiraat Asyr (10 qira’at Al-Quran) dari beliau.

Kesibukan dan lingkup ilmiah

Shaikh Said Al kamali pernah bekerja sebagai dosen di Universitas Muhammad V di Rabat, pada fakultas adab dan ilmu kemanusian, divisi study Islam. Bidang studi yang pernah beliau ajarkan adalah fiqh, hadits, mawarits, nahwu, ushul dan adab.  Beliau juga mengisi kajian di “kursi” Imam Malik di Masjid As-sunnah di Rabat, dimana beliau mengisi kajian syarah (penjelasan) kitab Muwattha Imam Malik, setiap hari jum’at setelah maghrib sampai isya. Beliau juga rutin mengisi khutbah jumat di Masjid Al Masirah Al khadhra di distrik Ya’qub Al Manshur, Rabat.

Syaikh Said Al kamali memiliki beberapa tulisan, diantaranya:

  • Kitab hukum-hukum syar’i dalam perjalanan udara (كتاب الأحكام الشرعية في الأسفار الجوية.) (dicetak)
  • Kitab Jany Ats stamarat min nazhmil waraqaat (كتاب جني الثمرات من نظم الورقات) dicetak
  • كتاب النقد والتعليل لبناء الأحكام على ما أصل في البيان والتحصيل (dicetak)

Di Antara Guru Beliau

Beliau banyak belajar dari beberapa para ulama baik di Maroko atau ulama Timur Tengah. Di antara mereka adalah syaikh Prof. Dr. Farouq Hammadah, dan syaikh Muhammad Ar-Rouki, serta syaikh Muhammad An-Najjar. Begitu pula syaikh Muhammad Bukhubzah (teman syaikh Al-Albani) telah mengijzahkan untuk beliau Kutubussittah (Shahih Bukhari, Muslim, Sunan Abi Daud, At-Tirmidzi, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah), begitu pula beliau mengijazahkan untuknya seluruh marwiyyat gurunya syaikh Muhammad bin Ash-Shiddiq Al-Ghumari.

Dan beliau juga beberapa kali melakukan perjalanan ilmu menuju ulama syanaqithah di Moritania. Di sana beliau berjumpa dengan syaikh Muhammad Salim Abdul Wadud, dan begitu pula dengan syaikh Muhammad Al-Hasan Ad-Daduw. Yang mana beliau mengijzahkan untuknya kitab Al-Muwattha’ dengan dua riwayat: Yahya bin Yahya Al-Laitsi dan Abu Mush’ab Az-Zuhri. Begitu pula syaikh Ad-Daduw mengijzahkan untuknya Kutubus Sittah, Alfiyyah Al-Iraqi, dan Nadzmu Al-Fasih milik ibni Al-Murahhal, dll. Begitu pula beliau melakukan perjalanan ilmu menuju Mesir dan belajar dari beberapa ulama di sana.

Dan  beliau juga melakukan perjalanan ilmu menuju Saudi Arabia dan beliau belajar dari beberapa para ulama di sana. Di antara mereka adalah syaikh Athiyyah Salim, dan syaikh Abdul Muhsin Al-Abbad, dan syaikh Muhammad Al-Mukhtar bin Muhammad Al-Amiin As-Syinqithi, serta syaikh Ibnu Utsaimin, rahimahullah jami’an.

tareekeleman على تويتر: "قال فضيلة الشيخ سعيد ابن محمد #الكملي ...
Menguasai Beberapa Bahasa

Syaikh terkenal dengan kecerdasannya dan penguasaannya dalam beberapa bahasa. Di antaranya adalah bahasa Arab, inggris, Perancis, Jerman, dll.

Disebutkan bahwa pada suatu ketika syaikh Said Al-Kamali hafidzahullah sedang berceramah di Jerman. Dan beliau merasa kurang puas dengan terjemahan dari translator. Maka pada tahun berikutnya beliau telah menguasai bahasa Jerman dan beliau kembali ke sana untuk mengisi ceramah. Maka beliau mengisi ceramah dengan bahasa Jerman tanpa menggunakan jasa penerjemah. Itu adalah kegigihan beliau dalam belajar.

Dan bahkan, pernah syaikh mengisi menggunakan bahasa asing, dan ternyata translator salah menerjemahkan sebuah kata, maka beliau lah yang mengoreksinya.

Sudah Mengajar Al-Muwattha’ Milik Imam Malik Sejak 10 Tahun Yang Lalu

Beliau telah mengajar Al-Muwattha’ di Maroko sejak 10 tahun yang lalu namun sampai saat ini belum selesai. Akhirnya para ulama merasa aneh mengapa beliau menghabiskan waktu yang begitu lama untuk menyelesaikan kitab Muwattha’ Malik. Beliau pun menjawab:

نحن عندما شرعنا لشرح الموطأ رأينا أن نبدي لكم منهج أسلافكم من المغاربة ونحن نستطيع أن نختمه في سنة واحدة لكن هل هذا هو المراد أن يقال فلان ختم الموطأ؟ ليس هذا هو الغرض. ليس الغرض متى نصل ونحن لا نسابق أحدا ونحن نتعبد الله بما نجلس له

“Dan kita ketika memulai syarh  Muwathha’, maka kami ingin memperlihatkan kepada kalian metode ulama sebelum kalian dari Maroko. Kita bisa menyelesaikan Muwattha’ dalam satu tahun. Akan tetapi apakah itu yang diinginkan? Bahwa si Fulan telah menyelesaikan kitab Muwattha’? Bukan ini tujuan kita. Bukanlah menjadi tujuan kita: kapan selesai? Kita tidak pernah berlomba-lomba dengan orang untuk menyelesaikan muwattha’. Dan tujuan kita adalah beribadah kepada Allah dengan apa yang kita duduk untuknya (ilmu).”

Diantara Nasihat Beliau
  • “Jangan engkau menjadi seperti kaum musa, jangan engkau meninggalkan kesibukan menuntut ilmu dan sibuk dengan urusan lain, karena ilmu adalah Manna dan Salwa sedangkan selainnya adalah bawang merah dan bawang prei”
  • “Orang yang berakhlak tanpa ilmu tidak membahayakan dirinya, tapi orang yang berilmu tanpa akhlak membahayakan dirinya dan orang lain.”
  • “Setiap orang yang kehilangan jati diri, hendaklah mencarinya di Kitabullah (Quran) maka ia akan menemukannya disana.”


Referensi :
Read Also :
Holla, we share any interesting view for perspective and education sharing❤️

Post a Comment

© elgharuty. All rights reserved. Developed by Jago Desain