Find out our product. Here!

Google EAT, Indikator Tulisan Yang Diinginkan Google

Google EAT merupakan pedoman penilai kualitas pencarian Google dan salah satu faktor penilaian sebuah laman website. baik untuk SEO

SEO-Search-engine

Beberapa waktu yang lalu saya melakukan evaluasi tingkat literasi dan membaca diri saya, baik dari segi kuantitas bacaan, kualitas maupun sumber-sumber bacaan yang dipakai seperti buku atau artikel internet atau bahkan koran lama. 

Hasilnya ternyata cukup memperihatinkan :') nyatanya selama pandemi covid-19  kualitas dan kuantitas bacaan saya telah menurun derastis. Mungkin hal ini dipicu karena stok buku saya tertinggal di kota dan berita di media selalu itu-itu saja.

Berkenaan dengan sumber informasi, tentunya raksasa bernama google merupakan sekian dari mesin pencari yang telah banyak membantu kita mencari berbagai informasi di internet. Tidak hanya ratusan info yang bisa kita dapat, bahkan jutaan hanya dengan menetikan kata kunci yang ingin kita cari.

Kemudian saya bertanya-tanya apa yang membuat google mau mengindeks berbagai informasi tersebut ke mesin pencariannya?. Apakah semua otomatis terindeks atau hanya informasi atau artikel terntentu? apakah google punya standar dalam mengindeks sebuah artikel/informasi di internet?

Baiklah, sebelum meninjau jawaban pertanyaan-pertanyaan tersebut. Saya epikiran mengenai bagaimana sumber informasi zaman dulu, misalnya koran atau majalah. Mereka terlihat mirip dengan google saat ini -sumber informasi, di sana terdapat artikel, opini, iklan, ramalan, cerita pendek dan lainnya.

Oleh karena itu, saya rasa pertanyaan sebelumnya merupakan pertanyaan umum bagi pihak yang menyediakan informasi. Karena mereka baik google maupun koran zaman dulu pasti punya standar dalam mempublish sebuah informasi.

 google-mesin-pencari

Apa itu Google E-A-T?

Pada dasarnya, Google ingin memastikan bahwa saat kita mencari sesuatu menggunakan google search, kita tidak hanya mendapatkan hasil pencarian yang tepat dan paling sesuai dengan maksud atau keinginan kita, namun juga mendapatkan hasil berkualitas tinggi, dimana konten yang kita temukan dan kita baca tersebut memanglah dibuat oleh pihak yang memiliki kepakaran dan otoritas yang tinggi dan sesuai.

google-eat

Oleh karena itu google mengeluarkan sebuah pedoman khusus untuk memberikan penilaian kualitas yang kini disebut Google E-A-T.

Google E-A-T adalah singkatan dari Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness, dan merupakan kumpulan rekomendasi resmi untuk memberikan pengalaman online yang berkualitas. Yang dalam hal ini berfokus pada kualitas konten, pembuat konten, serta situs website itu sendiri.

Google E-A-T pertama kali diperkenalkan kepada khalayak pada tahun 2018 ketika kala itu google memperbaharui Quality Rater Guidelines mereka. Diantara pembahasan yang penting dalam perubahan tersebut adalah mengembalikan topik yang esensial untuk dibahas oleh pihak yang otoritatif dan dapat dipercaya.

Baca Juga Fitur Google Search Insight

Misalnya topik tentang kesehatan, harus ditulis oleh ahli medis agar dianggap otoritatif dan cukup dapat dipercaya untuk memenuhi harapan pengguna. Bahkan perubahan algoritma ini menyebabkan pergerakan besar di sektor kesehatan mesin pencari.

Saat itu dua media besar yang berkecimpung membahas topik ini mendapat pengaruh yang bukan main. 'healthline.com' misalnya mengalami lonjakan kenaikan pengunjung yang sangat tinggi, sedangkan situs draxe.com kehilangan lebih dari visibilitas SEO (Search Engine Optimation)nya dalam waktu hanya seminggu.

YMYL-Your-life-your-money

Topik Apa Saja yang Dicakup E-A-T Selain Kesehatan?

 Pada dasarnya Google memberikan perhatian lebih pada topik-topik yang dirasa sangat berdampak implikasinya pada kehidupan manusia. Ditinjau dari sisi finansial, kesehatan, keamanan dan lainnya.

Sektor topik ini dikenal dengan istilah YMYL (Your Life Your Money), sederhananya topik ini akan berdampak pada 'uang' kita atau kehidupan kita. 

Topik YMYL meliputi:
1. Berita-berita penting, Artikel tentang peristiwa terkini di bidang-bidang seperti bisnis, politik, sains, atau teknologi.
2. Hukum dan Sipil, Pembahasan terkini seputar politik, lembaga publik, atau nasihat hukum tentang topik-topik seperti aborsi, hukuman mati, atau hak anak, dll.
3. Kesehatan, Informasi yang mencakup topik medis seperti obat-obatan, penyakit, rumah sakit, dll.
4. Kemanusiaan, Mencakup konten yang terkait dengan masalah ras, kelompok etnis dan agama, Gender, dll.
5. Lainnya
Home Office, Workstation, Macbook Air, Notebook, Office

Bagaimana dengan general blogger yang membahas berbagai hal?

Google masih mengakui terhadap generalisasi website yang di dalamnya terdapat berbagai macam topik yang dibahas. Namun mengenai expertise memanglah harus menjadi catatan bagi pemilik/pembuat situs web. 

Misalnya, Keahlian di situs gosip jauh berbeda dengan di situs berita. Google juga mengakui bahwa seseorang dapat memiliki keahlian di suatu bidang bahkan jika mereka belum menerima pelatihan formal di dalamnya. Misalnya ketika kita memahami cara merawat kucing karena berbagai pengalaman meski tidak pernah sekolah kedokteran.

Dalam Google Quality Rate Guidelines mengatakan,

“Beberapa topik tidak membutuhkan keahlian formal. Banyak orang menulis ulasan produk atau restoran yang sangat detail dan bermanfaat. Banyak orang berbagi tips dan pengalaman pribadi di forum, blog, dll. Orang-orang biasa ini dapat dianggap ahli dalam topik di mana mereka memiliki pengalaman hidup.  
Jika tampaknya orang yang membuat konten memiliki jenis dan jumlah pengalaman hidup untuk menjadikannya "ahli" dalam topik tersebut, kami akan menghargai "keahlian sehari-hari" ini dan tidak menghukum orang/halaman web/situs web karena tidak memiliki pendidikan atau pelatihan “formal” di lapangan.”

Jadi bagi para bogger, google akan tetap menghargai kita membahas apa saja yang kita tahu meski tidak punya latar belakang spesialisasi yang dibahas selama konten tersebut original dan tidak "fabricated" untuk melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. 





Read Also :
Holla, we share any interesting view for perspective and education sharing❤️

35 comments

  1. sangat bermanfaat informasi ini. Saya sendiri baru mengetahui Google EAT dan YMLK , pengetahuan yang membutuhkan expertise, mudah didapatkan tanpa ada buku tapi dengan bantuan google. Thanks so much
    1. Sama2 kak, alhamdulillah kalo bermanfaat. Semangat! ☺️
  2. saya baru tahu tentang Google EAT

    ini berhubungan dengan DA. PV dan deret atas kolom pencarian ya?

    waktu DA saya terjun bebas, saya isi blog dengan drama korea sehingga pelan tapi pasti naik, walau belum kembali normal
    1. terkait dengan skoring saya masih belum paham juga kak EAt ini dengan DA. semangat kak
  3. wah baru tahu ilmu ini, thans kak for sharing. ternyata yaaa ada rumusnya juga biar kita makin dicintai sama google, secara kita selama ini selalu berpartner sama doi hehe.. Mantap nih perlu dipelajari lebih lanjut :)
    1. iya kak sama2.. pastinya google juga ingin menampilkan tulisan2 terbaik yah kak. semangat kak :)
  4. Wihhhh mantap nih google EAT, aku baru tahu soal ini, thanks ya kak untuk informasinya
    1. iya sama2 kak, saya juga belajar banyak dari blog kak ova :)
  5. Ibarat alah bisa karena biasa. Algoritma google makin manusiawi. Saya sendiri senang baca tulisan blogger yang menulis tema tertentu, daripada nulis berbagai hal dan seakan 'ahli' dalam semua bidang.
    1. iya kak, terkhusus niche spesifik yg dibaha oleh yg berpengalaman atau pakar ya kak...seperti niche kesehatan atau finance :) makasi kak
  6. Nah saya juga lagi belajar menerapkan EAT ini kak, emang sih ya tulisan yang diinginkan penulis harus selaras dengan yang diinginkan pembaca ya
    1. iya kak, ditambah informasi kita juga harus meyakinkan seperti berdasarkan pengalaman atau spesialisasi yg kita punya :)
  7. Penting banget buat nerapin E-A-T ini. Selain bikin tulisan jadi lebih berbobot, pembaca juga lebih teredukasi
    1. setuju kak :)
  8. Menulis niche tertentu emang google syuka aku menerapkan juga EAT di blog khusus adsense, apalagi dengan algo google yang ga dapat diprediksi, syuka menggemaskan
    Terpenting, mari menulis dengan happy memberikan manfaat buat diri sendiri dan sekitar plus menghasilkan pundi $$$
    1. wah ini yang saya suka juga kak :)
  9. Emang penting sih menerapkan EAT ini ya aku yang di WP suka diingetin utk menulis sesuai EAT ini karena ada plugin khsusus kalau di WP yah yg ngingetin SEO nya juga....
    1. wah di WP ternyata sudah perhatian ke sana ya kak, semoga kita juga mudah nerapinnya. :)
  10. Aku sebenernya pengen juga fokus ke satu bidang, tapi apa daya, anaknya susah fokus, huhu
    1. sama sih kak hihi, yg penting original saja... :)
  11. Wah wah. Kalo membaca tentang EAT ini jadi mikir harus fokus y niche kita.

    Aku seneng sekali bisa menemukan artikel yg bisa menambah wawasanku di dunia para blogger .

    Aku perlu banyak belajar. Aku kayakny perlu meniru evaluasi literasiky deh
    1. makasi ya kak, sama2 belajar nih :)
  12. Insighful banget nih soal Google E-A-T.. setuju dengan penilaian Google untuk kualitas blog biar ga sembarangan nulis ya, harus ada keahlian dan kredibilitas tulisan dan penulis.
    1. iya kak, algo google sekarang udah lebih "manusiawi" terkhusus pada niche2 YMYL. :)
  13. tetap semangat untuk bisa menghasilkan tulisan yang bermanfaat ya, karena Google mendukung
    1. iya kak, yang bermanfaat pasti punya nilai lebih ya kak :) makasi udh berkunjung
  14. Aku pun sempat kepikiran gitu nih kak kemal. secara kan blogger emang nggak expert dan isinya suka gado gado pula (dalam kasus ini saya sih). Tapi jika dimaksimalkan seo-nya, apakah berpengaruh tuk ada halaman awal kak?
    1. untuk skoring pageone saya juga belum nemu kaitannya kak, tapi dengan memperhatikan EAT ini kita akan punya lebih kak dimata google dan pembaca :)
  15. To be hinest baru kali ini dengar dan tau istilah Google EAT. Emang benr sih sebuah topik akan lebih terpercaya jika ditulis ahlinya, tapi Alhamdulillah kita generan blogger masih bisa terdeteksi hehe.
    1. iya kak, selama original :D
  16. Sangat bermanfaat tulisannya, terimakasih mas, saya jadi menambah ilmu baru lagi mengenai topik tulisan melalui google eat dan ymyl
    1. iya kak, sama-sama belajar kuga
  17. kak...saya malah baru tahu tentang google eat dan ymyl lho.... makasih bgt sharingnya kak
    1. sama-sama kak semangat
  18. Diluncurkan 2018, dan aku baru tau di 2021. Huaaaa, darimana aajaaa? 😭😭😭
© elgharuty. All rights reserved. Developed by Jago Desain