Find out our product. Here!

12 cara berhenti dari kebiasaan overthinking (part 1)

tips agar tidak overthinking (berpikiran berlebih)

 bismillahirahmanirrahim

Apa yang dapat menahan seseorang dari kehidupan yang sebenarnya ingin ia jalani?
Meditation, Calm, Above The City, Awareness, Meditating
Saya akan mengatakan bahwa satu hal yang sangat umum dan merusak adalah bahwa kita tidak tahu bagaimana cara berhenti berpikir berlebihan (overthinking).
Kita terlalu memikirkan setiap masalah kecil sampai menjadi lebih besar dan lebih menakutkan daripada yang sebenarnya. Kita terlalu memikirkan hal-hal positif sampai hal tersebut tidak terlihat begitu positif lagi. Atau menganalisis dan mendekonstruksi sesuatu secara berlebihan sehingga kebahagiaan yang datang dengan menikmati sesuatu pada saat itu menjadi hilang.

Sekarang, memikirkan semuanya bisa menjadi hal yang sangat hebat, namun tersesat dalam semacam gangguan overthinking dapat mengakibatkan menjadi seseorang yang stagnan dalam hidup. 


Saya dulu sering memikirkan banyak hal dan itu telah banyak menahan saya dengan cara yang sama sekali tidak menyenangkan.

Tapi dalam beberapa tahun terakhir ini saya telah belajar bagaimana membuat masalah ini begitu kecil sehingga sangat jarang muncul lagi. Maka saya tahu apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

Dalam artikel ini saya ingin berbagi 12 kebiasaan yang telah membantu saya secara besar-besaran untuk menjadi seorang pemikir yang lebih sederhana dan lebih cerdas dan untuk menjalani kehidupan yang lebih bahagia dan tidak menakutkan.



1. Tempatkan sesuatu kedalam perspektif yang lebih luas

Architecture, Building, Geometric, Glass

Sangat mudah untuk terjatuh ke dalam perangkap memikirkan hal-hal kecil dalam hidup.

Jadi, ketika Anda berpikir dan memikirkan sesuatu, tanyakan pada diri Anda:

Apakah ini penting dalam 5 tahun? Atau bahkan dalam 5 minggu?

Saya telah menemukan bahwa memperluas perspektif dengan menggunakan pertanyaan sederhana ini dapat dengan cepat membuat saya keluar dari pemikiran berlebihan dan membantu saya melepaskan situasi itu.

Ini memungkinkan saya untuk akhirnya berhenti memikirkan sesuatu dan memfokuskan waktu dan energi saya pada hal lain yang benar-benar penting bagi saya.

 

2.  Tetapkan batas waktu untuk dalam mengambil keputusan

Jika kamu tidak memiliki batas waktu kapan kamu harus membuat keputusan dan mengambil tindakan maka Anda dapat terus memutar pikiran Anda dan melihatnya dari semua sudut dalam pikiran kamu untuk waktu yang sangat lama.

Jadi, belajarlah untuk menjadi lebih baik dalam membuat keputusan dan bertindak dengan menetapkan tenggat waktu dalam kehidupan sehari-hari kamu. Entah itu keputusan kecil atau besar.

Misalnya : Untuk keputusan kecil seperti apakah harus pergi dan mencuci piring, membalas email atau berolahraga, saya biasanya memberi waktu 30 detik atau kurang untuk membuat keputusan.

3. Berhenti membuar harimu stress dan berpikir belebih

Stress, Burnout, Man, Person, Dates, Baiting

Anda tidak dapat sepenuhnya menghindari hari-hari yang luar biasa atau sangat menegangkan. Tetapi Anda dapat meminimalkan jumlah mereka di bulan dan tahun Anda dengan memulai hari Anda dengan baik dan dengan tidak mengatur diri Anda untuk stres yang tidak perlu, terlalu banyak berpikir dan menderita. Anda tidak dapat sepenuhnya menghindari hari-hari yang luar biasa atau sangat menegangkan. Tetapi Anda dapat meminimalkan jumlah mereka di bulan dan tahun Anda dengan memulai hari Anda dengan baik dan dengan tidak mengatur diri Anda untuk stres yang tidak perlu, terlalu banyak berpikir dan menderita.kamu tidak dapat sepenuhnya menghindari hari-hari yang luar biasa atau sangat menegangkan.

Tetapi Anda dapat meminimalkan kuantitasnya di bulan dan tahunmu dengan memulai harimu dengan baik dan dengan tidak mengatur dirimu untuk stres yang tidak perlu, terlalu banyak berpikir dan menderita.

Dapatkan awal yang baik.

Karena cara kamu memulai hari cenderung sering menentukan ritem harimu.

Pagi yang stres mengarah ke hari yang stres. Mengkonsumsi informasi negatif saat kamu naik bus ke kantor cenderung mengarah pada pikiran yang lebih pesimis selama sisa hari-harimu.

Sementara misalnya membaca sesuatu yang membangkitkan semangat saat sarapan, berolahraga dan kemudian memulai dengan tugas terpenting, kamu sekarang menetapkan ritme yang baik untuk hari itu dan akan membantumu tetap positif.

Single-Task dan istirahat teratur.

Ini akan membantu kita menjaga fokus yang tajam dan menyelesaikan apa yang paling penting sambil juga memungkinkan kita untuk beristirahat dan mengisi ulang tenaga sehingga kita tidak kehabisan asap. Dan pola pikir yang agak santai tetapi dengan fokus yang tajam ini akan membantu kita untuk berpikir jernih dan tegas serta menghindari berakhirnya pikiran yang stres dan terlalu banyak berpikir.

Minimalkan input harian.

Terlalu banyak informasi, terlalu sering hanya meluangkan beberapa menit untuk memeriksa kotak masuk, akun Facebook atau Twitter atau bagaimana kinerja blog atau situs web kita menyebabkan lebih banyak masukan dan kekacauan dalam pikiran kita seiring berjalannya hari.
 

4. Menjadi orang yang sigap bertindak

Children, Win, Success, Video Game, Play, Happy

Ketika kita tahu bagaimana memulai dengan mengambil tindakan secara konsisten setiap hari, maka kita akan mengurangi penundaan dengan terlalu banyak berpikir.

Menetapkan tenggat waktu dan ritme yang baik untuk hari itu adalah dua hal yang telah membantu saya menjadi orang yang lebih banyak bertindak.

Mengambil langkah kecil ke depan dan hanya fokus untuk menyelesaikan satu langkah kecil pada satu waktu adalah kebiasaan lain yang berhasil dengan sangat baik.

Ini bekerja dengan sangat baik karena kita tidak merasa kewalahan sehingga kita tidak ingin melarikan diri ke dalam penundaan atau kelambanan malas.

Dan meskipun kita mungkin takut, mengambil satu langkah saja adalah hal yang sangat kecil sehingga kita tidak menjadi lumpuh karena ketakutan.

berikut ini nasihat seorang syaikh yang bagus agar tanggap dalam bertindak dan jangan menunda-nunda.
Anda tidak dapat sepenuhnya menghindari hari-hari yang luar biasa atau sangat menegangkan. Tetapi Anda dapat meminimalkan jumlah mereka di bulan dan tahun Anda dengan memulai hari Anda dengan baik dan dengan tidak mengatur diri Anda untuk stres yang tidak perlu, terlalu banyak berpikir dan menderita.

Next Part 2 ya teman-teman :) !!!

Read Also :
Holla, we share any interesting view for perspective and education sharing❤️

Post a Comment

© elgharuty. All rights reserved. Developed by Jago Desain