Find out our product. Here!

7 Cara simple untuk memulai pengembangan diri

Kita tentunya ingin selalu menjadi seseorang yang terus berkembang, dari sisi apapun. Selalu ada sesuatu dari diri kita yang bisa kita kembangkan. Pot

Kita tentunya ingin selalu menjadi seseorang yang terus berkembang, dari sisi apapun. Selalu ada sesuatu dari diri kita yang bisa kita kembangkan. Potensi yang dimiliki manusia tidaklah terbatas. Berikut adalah beberapa hal yang bisa membuat kita untuk mulai mengembangkan diri sendiri.

Success, Business, Professional, Development, Plan

1.       Membaca Setiap Hari

Buku adalah sumber kebijaksanaan. Semakin banyak buku yang kamu baca, semakin banyak pula kebijaksanaan yang bisa kamu pelajari. Ketika kamu membaca buku setiap hari, kamu akan memberi makan otakmu dengan berbagai pengetahuan dan hal baru.

2.       Belajar Bahasa Baru

Sebagai rakyat orang Indonesia, tentu kamu bisa berbahasa Indonesia. Jika tinggal di daerah tertentu, biasanya kamu juga dibesarkan secara bilingual dengan bahasa daerah tersebut. Apalagi kalau di sekolah, kamu juga belajar bahasa Inggris, tentu sudah banyak bahasa yang kamu kuasai sampai titik itu.

Oleh karena itu, kamu juga pasti mengerti seberapa susahnya belajar bahasa baru, juga seberapa menyenangkannya ketika kamu menguasai bahasa itu.

Jadi, jangan ragu-ragu untuk menambah bahasa lain yang menarik bagimu. Mungkin kamu bisa mulai belajar beberapa kosakata di bahasa Korea jika kamu suka drama Korea, atau bahasa Jepang jika kamu suka anime. Bahkan, kamu bisa coba belajar bahasa Italia, siapa tahu kamu akan berkunjung ke sana untuk mencoba pizza khas Italia, kan?

3.       Mencari Hobi Baru

Selain hobimu yang biasanya, kamu juga mungkin tertarik untuk mencari hobi lain. Atau olahraga baru yang belum pernah kamu coba.

        Hobi barumu ini bisa jadi sesuatu yang unik. Misalnya saja membuat barang tembikar, memasak makanan khas Timur Tengah, menari, atau bahkan web designing.

        Lebih dari sekedar hobi, mungkin kamu juga bisa mengubah hobi barumu itu menjadi sesuatu yang kamu geluti dengan serius. Bisa saja kamu mendapatkan uang jajan lebih dari hobimu itu.

4.       Buat Ruang Inspirasi

Lingkungan bisa memengaruhi mood yang kamu rasakan. Jika kamu punya suatu rungan yang tidak digunakan di rumahmu, kamu bisa membuatnya menjadi ruangan inspirasimu.

Cobalah cat ruangan itu dengan warna baru, bisa juga dengan wallpaper menarik yang bisa kamu beli di toko online. Atau tambah dengan furnitur baru yang membuatmu nyaman. Jka kamu punya ruang inspirasi sendiri, kamu bisa tetap merasa terinspirasi setiap harinya. Selain itu, suasana baru mungkin akan memperbaiki perasaanmu sendiri.

5.       Atasi Rasa Takut

Entah ketakutan akan ketidakpastian, atau takut akan berbicara di depan umum, atau juga takut akan suatu risiko, semua itu membuatmu tetap diam di tempat dan  menghambatmu untuk mengembangkan diri.

Kenalilah ketakutanmu. Jadikanlah rasa takutmu sebagai penunjuk arah untuk mengembangkan dirimu. 

 Be, Change, Become, Practice, Motivation, Growth

6.       Naikkan Level

Apakah kamu suka bermain game? Jika iya, tentu kamu tahu akan konsep menaikkan level untuk bertambah kuat dan memperbanyak pengalaman. Maka dari itu, jangan sungkan untuk menaikkan level dari skill yang sudah kamu miliki.

7.       Bangun Lebih Pagi

Bangun lebih pagi telah diakui oleh beberapa penelitian sebagai salah satu hal yang berpengaruh besar untuk pengembangan diri, terutama produktivitas dan kualitas hidupmu.

Ketika kamu bangun pagi, kamu akan mempunyai lebih banyak waktu yang bisa kamu dedikasikan untuk mengembangkan diri. Seakan kamu punya waktu lebih dalam satu hari. Coba manfaatkan waktu itu untuk menyerap ketenangan di pagi hari, dan rasakan bagaimana cahaya matahari pagi mengaktifkan otak dan dirimu sendiri menjadi lebih baik.

 

Jika kita ragu dengan hal-hal di atas, kita bisa langsung mencobanya untuk mengetahui jawabannya.

 

 

Read Also :
Holla, we share any interesting view for perspective and education sharing❤️

Post a Comment

© elgharuty. All rights reserved. Developed by Jago Desain