Find out our product. Here!

Biografi Syaikh Shalih al Ushoymi - Ulama dengan 1000 Guru di abad 21

He spat in his face!" | Shaykh Salih al-Osaimi | Essentials of ...

Beliau adalah Syaikh Sholih bin ‘Abdillah Hamad Al ‘Ushoimiy, lahir di Riyadh tahun 1391 H dan menetap di ibukota Kerajaan Saudi Arabia tersebut. Ulama yang saat ini berumur 43 tahun dikenal sebagai ulama hadits dan musnid (memiliki banyak sanad). Disebutkan pula bahwa beliau telah belajar dari 1000 guru hingga saat ini.

Menuntut Ilmu

Beliau menunut ilmu sejak usia muda. Beliau telah mengunjungi banyak negeri dalam menuntut ilmu untuk mencari sanad hadits dan sanad berbagai kitab para ulama. Sampai-sampai beliau dikenal dengan muhaddits (ahli hadits) dari Najed, disebut pula musnid (ulama yang memiliki banyak sanad).

Yang dimaksud memiliki banyak sanad adalah ia memiliki sanad sampai guru-guru beliau yang bisa diteruskan sampai pada penulis hadits (seperti Bukhari dan Muslim) atau memiliki sanad yang sampai pada berbagai penulis kitab.

Syaikh Sholih Al ‘Ushoimiy di antaranya memiliki sanad sampai pada Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab pada kitab Tsalatsatul Ushul, Kitab Tauhid, Kasyfu Syubhat, Qowa’idul Arba’, dan Fadhul Islam.

Beliau juga memiliki sanad sampai Ibnu Taimiyah dalam kitab Al Aqidah Al Wasithiyyah dan Muqoddimah fii Ushulit Tafsir, begitu pula sanad dari kitab Manzhumah Al Qowa’id Al Fiqhiyyah dari Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As Sa’di.

Sanad lainnya lagi adalah dari kitab Al Arba’in An Nawawi yang sampai pada Imam Nawawi. Dalam berbagai kitab ushul, beliau memiliki sanad kitab Al Aajurromiyah, kitab Nukhbatul Fika Ibnu Hajar, dan kitab Al Waroqot yang sampai pada penulisnya masing-masing.

Perjalanan beliau dalam mencari sanad, ada yang sampai ke negeri Maghrib (Maroko). Sedangkan sanad berbagai hadits dan kitab Arba’in An Nawawiyah, beliau dapatkan dari India.

Adapun sanad qiroah Al Qur’an didapatkan dari Mesir. Karena memang sanad qiroah Qur’an dikenal banyak terdapat di Mesir, sedangkan sanad hadits di India.

Kalau mau dihitung-hitung beliau telah belajar dari 1000 ulama dan dari mereka, beliau membaca kitab guna meraih sanad. Dan beliau dikenal dengan orang yang memiliki hafalan luar biasa. Sampai sanad-sanad hadits dihafal dan disebutkan dengan mudah di luar kepala.

Guru-Guru Beliau

Sebagaimana telah disebutkan bahwa beliau memiliki banyak guru, hingga bisa dikata lebih dari 1000. Di antara ulama-ulama yang masyhur yang ia menimba ilmu dari mereka:

  • Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah bin Baz
  • Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin
  • Syaikh ‘Abdullah bin ‘Aqil
  • Syaikh ‘Abdullah bin ‘Abdurrahman Al Jibrin
  • Syaikh Bakr Abu Zaid
  • Syaikh Sholih bin Fauzan Al Fauzan
  • Syaikh ‘Abdullah bin ‘Abdurrahman Al Ghudayan

Jejak Akademik

Beliau adalah salah satu lulusan Universitas Al Imam Muhammad bin Su’ud di jenjang S1. Lalu beliau menyelesaikan Majister dalam ilmu hadits di Universitas Ummul Quro. Dan beliau pun sedang menyelesaikan jenjang Doctoralnya pula.

Di samping itu beliau adalah Khotib di Jami’ Abu Bakr As Shiddiq di rumah sakit tentara di Riyadh, juga sebagai imam masjid di Jami’ Al Iman di Hayy Nasim Syarqi.

Kajian Ilmiah

Beliau biasa mengadakan dauroh ilmiah maupun kajian rutin terutama dalam ilmu hadits. Saat ini yang sedang dilaksanakan di Madinah Nabawiyah (kota Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) tepatnya di Masjid Nabawi adalah Dauroh Muhimmatul ‘Ilmi, yang sekarang adalah kali keempat.

Dalam 8 hari, telah menuntaskan 15 kitab dengan penjelasan singkat namun syarat makna. Dan setiap yang mengikuti kajian akan mendapatkan sanad dari beliau, dan boleh menyebarkan ilmu yang telah dikaji dengan sanad sampai pada penulis kitab.

Karya Ilmiah

1- Ta’zhimul ‘Ilmi
2- Ma’anil Fatihah wa Qishorul Mufasshol
3- Al Muqoddimah Al Fiqhiyyah Ash Shugro
4- Khulashoh Muqoddimah Ushulit Tafsir

Kitab-kitab di atas dikaji dalam Dauroh Muhimmatul ‘Ilmi. Dan beliau masih memiliki karya ilmiah lainnya.

Semoga Allah memberikan keberkahan umur pada beliau, diberikan kesehatan dan dimudahkan dalam ketaatan.

Preview kitab khulashoh ta'dzhim al ilmi.

Read Also :
Holla, we share any interesting view for perspective and education sharing❤️

3 comments

  1. Mantab nih 👍 kalau saya lihat blog ini rare bisa jadi orang banyak yang tertarik terhadap blog yang jarang membahas profil ulama.

    Lanjutkan
  2. Terima kasih mas, semoga kedepannya bisa terus kami update 🙏
  3. Jazaakallahu khayr atas informasinya, baarakallahu fiik
© elgharuty. All rights reserved. Developed by Jago Desain