Manfaat Mengingat Kematian - Kebiasaan Orang-orang Besar

Mungkin kita sering mendengar nasihat-nasihat dari para ahli spiritual atau pemuka agama tentang pentingnya mengingat kematian. Juga bukan rahasia umum bahwa kematian memang suatu hal yang pasti, dan kita tahu itu.

Tapi mengapa terkadang kita sering lupa akan hal tersebut, bahkan ketika teringat pun malah merasa bahwa mengingat-ingat kematian itu terlalu "formal" untuk dilakukan di era sekarang.

Kita yang hidup di era post-modernist kebanyakan tidak menyukai aktifitas seperti itu, mungkin karena di zaman yang serba cepat ini telah memanjakan kita dengan banyak informasi-informasi dari yang penting sampai yang junk/sampah sehingga kita lalai untuk mengingat kematian.

By the way, kenapa sih kita butuh akan mengingat kematian?. Di barat zaman dulu dikenal dengan "memento mori" ketika hendak mengingatkan manusia tentang kematian.

"Hominem te esse memento! Memento mori!" yang artinya "kau hanya manusia, ingatlah kau akan menghadapi kematian". Ada banyak cara pada saat itu dalam upaya saling mengingatkan kematian, selain senandung seperti itu mereka biasanya membuat sebuah lukisan yang memberi pesan secara langsung maupun tidak langsung tentang kematian.

Memento moriMemento mori (source wikipedia)

Mungkin hingga sekarang warisan ethics-nya masih kita rasakan hingga saat ini, kita sering mengistilahkan kata "deadline" untuk mendefinisikan batas akhir suatu pekerjaan.

Kalau kita tinjau menggunakan perspektif religius, dalam hadits nabi Muhammad Shollallahu alaihi wasalam menyatakan:

“Perbanyaklah banyak mengingat pemutus kelezatan (yaitu kematian) karena jika seseorang mengingatnya saat kehidupannya sempit, maka ia akan merasa lapang dan jika seseorang mengingatnya saat kehiupannya lapang, maka ia tidak akan tertipu dengan dunia (sehingga lalai akan akhirat).” (HR. Ibnu Hibban dan Al Baihaqi, dinyatakan hasan oleh Syaikh Al Albani). Sumber https://rumaysho.com/2822-kematian-yang-kembali-menyadarkan-kita.html

Kawan Elgharuty tahu gak? Steve jobs yang notabene seorang agnostic pun tetap menjadikan mengingat kematian itu sebagai "ritual wajib di pagi harinya. Hal itu dia sendiri sampaikan ketika sedang berpidato di depan mahasiswa stanford pada tahun 2005.

Dia mengatakan:

Remembering that I'll be dead soon is the most important tool I've ever encountered to help me make the big choices in life. Because almost everything - all external expectations, all pride, all fear of embarrassment or failure - these things just fall away in the face of death, leaving only what is truly important. Remembering that you are going to die is the best way I know to avoid the trap of thinking you have something to lose. You are already naked. There is no reason not to follow your heart. Your time is limited, so don't waste it living someone else's life.

Terjemah "mengingat bahwa kita kelak akan mati adalah alat yang sangat penting yang pernah saya pernah temui untuk membantuku menentukan pilihan besar dalam hidup. Karena hampir segalanya - ekspektasi, kebanggan, rasa malu atas kegagalan, hal-hal tersebut hilang begitu saja saat menghadapi kematian, hanya menyisakan apa yang benar-benar penting. Mengingat kematian adalah cara terbaik yang ku tahu unutk menghibdari jebakan pikiran, kita sudah terlanjur telanjang, gaada lagi alasan untuk tidak mengikuti apa kata hati. Waktumu itu terbatas, maka jangan membunganya dengan hidup menjadi orang lain.

memang pada dasarnya mengingat kematian bukanlah suatu hal yang mengenakkan, bahkan dikatakan sebagai "pemutus kelezatan". Tapi orang-orang besar dari zaman ke zaman pentingnya aktifitas ini.

Neil degreasse tyson ketika menjelaskan sejarah singkat sains, ia membagi pengalamannya bahwa hal yang pertama kali mentrigger dirinya berkecimpung dalam ranah sains adalah karena teringat kepada kematian.

ia bertanya kepada dirinya "pertanyaan apa yang ingin kamu jawab sebelum meninggal?", dan intu menjadi pengawal perjalanan dunia sains secara umum "the frontier of science".

Kawan elgharuty, itulah dari sekian manfaat dari mengingat kematian yang menjadi kebiasaan orang-orang besar, Semoga postingan yang Elgharuty bagikan ini membawa manfaat ya!

Manfaat Mengingat Kematian - Kebiasaan Orang-orang Besar
Baca juga :
Checkout Form Whatsapp
Data Anda
Data Lainnya
KIRIM