Seni Mensyukuri Segala Hal - Refleksi Akhir Tahun 2021

Mungkin terdengar klise, tetapi disaat yang sama juga bisa sangat membantu. Dalam sejarah perjalanan kita umat manusia, peradaban terbaik berhasil dibentuk setelah manusia mampu memberikan pemaknaan pada kehidupan.

Menyadari apa-apa yang kita punya dan mensyukurinya mungkin tidaklah mudah, apalagi ketika diri ini terlalu mudah putus asa dan mengeluh.

Ketika melihat segala hal yang kita miliki dan membandingkannya dengan list yang kita inginkan terlihat jelas berbeda. Mungkin saja kita berharap agar memiliki wajah yang lebih cantik, pikiran yang lebih cerdas, bada tinggi, atau malah kita mengharapkan sesuatu yang orang miliki.

Sudah tidak diragukan lagi akan hal itu, ketika kita terlalu jauh dan keras dalam melihat, maka akan ada saja sesuatu yang kita keluhkan.

Attitude

Perlu disadari juga bahwa keluhan tadi meruapakan bagian dari mindset dan self-talk yang terlalu negatif, dan apa jadinya jika kita memiliki adab yang baik untuk menghadapinya. Sebuah attitude yang bisa menghantarkan kita pada penginsyafan diri, menerima dan menjauhkan kita dari pikiran-pikiran negatif tersebut. Sepertinya memang sangat kita butuhkan.

Jika kita mengeluhkan sesuatu yang kita harapkan atau menginginkan apa-apa yang telah tetangga beli, dengan keluhan tersebut kita akan mendapatkannya? tentu tidak.

Justru sebaliknya, hanya akan membuat hidup penuh dengan kesedihan, marah, pahit, dan itu tidak membantu sama sekali. Sikap itu hanya membuat kita tidak nyaman berada di sekitar dan meghadirkan kesengsaraan.

Jadi, jika tidak ada kebaikan yang datang dari mengeluhkan hal-hal yang tidak kita punya, mengapa tidak berusaha untuk mensyukuri saja hal-hal yang telah kita miliki?

Baca juga Rekomendasi Buku Self-Improvement Yang Harus Kamu Miliki

Perbandingan

Memang, mungkin diperlukan sedikit usaha untuk menumbuhkan sikap syukur, tetapi — tidak seperti mengeluh — telah terbukti bahwa ada banyak hal yang baik berdatangan karena sikap positif!

Inilah alasannya: kita sudah tahu bahwa stres adalah hasil dari tekanan dan/atau kenegatifan yang intens. Membuat kita lelah dan menyebabkan kita menjadi panik, gugup, dan khawatir. Stres akan memengaruhi hidup kita apa pun yang terjadi, jadi penting bagi kita untuk tidak menciptakan stres yang tidak perlu untuk diri kita sendiri dengan mencari hal-hal untuk dikeluhkan dalam hidup.

Dan karena tidak mungkin menghilangkan semua stres dalam hidup kita, sangat penting bagi kita untuk menemukan cara positif untuk melawan stres yang kita hadapi. Jadi, jika ingin membudayakan hidup yang bermakna, kami yakin bahwa mengembangkan hati yang penuh kesyukuran adalah awal yang paling penting.

Puzzle Kebahagiaan

Karena sangat mudah bagi kita kewalahan dan letih oleh tekanan dalam hidup, kita perlu menyeimbangkan kenegatifan itu dengan intensi ledakan hal-hal kecil yang membahagiakan. Ini bisa menjadi sesuatu yang sederhana seperti berbagi meme lucu dengan teman. Atau mungkin memulai hari dengan coklat panas di tempat kerja setiap pagi.

Jika melihat lebih dekat, bisa saja kita temukan sejuta hal kecil untuk disyukuri setiap harinya - hal-hal yang biasanya dianggap remeh. Kebahagiaan kecil ini bisa berupa apa saja dan akan berbeda untuk setiap orang.

Tetapi tidak peduli apa yang membuat kita bahagia, yang penting adalah mengolah momen-momen itu dan rasa syukur untuknya. Karena saat kita melihat hal-hal yang harus disyukuri, kita akan menemukan bahwa pandangan hidup telah meningkat luas! -yidak lagi beda di jurang kesempitan.

Menemukan

Kita juga akan menemukan moment ketika kegembiraan itu akan mengurangi stres dan merestorasi ulang "sumbu pendek" yang banyak dari kita menumpuk dan melahirkan banyak tekanan. Ia juga dapat membantu kita untuk fokus pada hal positif, yang sangat penting untuk mengurangi stres.

Karena — mari kita hadapi itu — sangat tidak mungkin ada orang yang menyukai setiap aspek pekerjaan atau kehidupan mereka. Bahkan jika kita mencoba untuk mempertahankan semangat bersyukur, akan ada sesuatu yang kita benci lakukan, beberapa tugas yang terasa sia-sia dan tidak perlu. Dan itulah mengapa penting untuk bekerja ekstra keras dalam menumbuhkan sikap syukur.

Terkadang, itu mungkin lebih sulit daripada yang lain. Dan terkadang, kita mungkin merasa sulit untuk berkonsentrasi pada pekerjaan yang tidak kita sukai. Tetapi jika kita dapat berfokus pada aspek positif dari kehidupan kita sebanyak mungkin, kita dapat meluaskan pandangan kita secara keseluruhan.

Perspektif

Misalnya, mungkin saya atau anda benar-benar membenci bagian tertentu dari suatu pekerjaan atau keterampilan tertentu. Mungkin tidak ada yang positif tentang itu dan kita selalu membencinya. Tapi mungkin pekerjaan justru menjadi batu loncatan bagi kita menuju sesuatu keadaan yang lebih baik.

Mungkin setelah kita menguasai keterampilan itu, memungkinkan kedepannya untuk melanjutkan ke pekerjaan yang benar-benar kita inginkan. Atau mungkin dengannya kita bisa mendapat penghidupan yang cukup dan kita besyukur denagnnya.

Mengubah perspektif dengan cara-cara kecil ini mungkin tidak terdengar banyak, tetapi dapat menghasilkan perbedaan yang substansial. Bahkan, jika pandangan hidup kita menjadi sedikit lebih positif, itu dapat mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental dan fisik!

Jadi, luangkan waktu untuk benar-benar "berhenti" dan mencium aroma bunga mawar. Beritahu teman sebuah lelucon dan meme. Manjakan diri kita dengan cokelat panas. Dan saat tertidur di tiap malam, cobalah untuk membuat "daftar mental" dari semua hal yang kita syukuri.

Baca juga Review Buku "The Black Swan" Karya Nassim Nicholas Taleb - Membuka Mindset Kita

Penutup

Hal-hal kecil positif ini mungkin terdengar klise, tetapi ingatlah bahwa otak kita juga mungkin seperti sebuah komputer. Kita memiliki kekuatan untuk memprogramnya dengan berbagai informasi, jadi terserah kita untuk memilih apakah kita ingin otak kita fokus pada hal positif atau negatif.

Bahkan hal-hal sederhana — seperti pikiran yang kita pikirkan dan sikap yang kita gunakan untuk menjalani hari-hari kita — sangat membantu memprogram otak kita. Jadi, jika kita ingin mulai membangun kebiasaan kecil dan bahagia, mulailah dengan memprogramnya dari dalam diri dan dari sisi positifnya terlebih dahulu.

We have survive the 2nd hard years, and we still alive, we did well
Seni Mensyukuri Segala Hal - Refleksi Akhir Tahun 2021
Baca juga :
Checkout Form Whatsapp
Data Anda
Data Lainnya
KIRIM