Rekomendasi Buku Self-Improvement Yang Harus Kamu Miliki

buku-self-improvement

Masa remaja identik dengan masa pencarian jati diri. Di masa inilah kita memerlukan banyak pengetahuan bagaimana cara menemukan passion, mengembangkan hobi, dan menumbuhkan rasa ingin tahu. 

Metode pengembangan diri yang efektif salah satunya dengan membaca buku. Buku dengan genre pengembangan diri banyak sekali tersebar di toko buku. Tidak sedikit buku-buku tersebut di karang oleh penulis- penulis yang luar biasa. 

Self Improvement adalah proses kita menemukan apa yang menjadi kelebihan kita, menyadari apa yang menjadi kelemahan kita. Kemudian cara mengembangkan keunggulan diri, dan mengatasi kelemahan yang kita miliki. 

Self Improvement merupakan proses belajar seumur hidup. Diperlukan banyak trial and error di dalam setiap prosesnya. Self improvement, self learning dan self acceptance adalah hal yang saling berkaitan. 

Memahami diri sendiri artinya memulai memindai diri kita secara utuh, mensyukuri apa yang kita miliki, kemudian penerimaan diri adalah konsep kesadaran penuh diri kita memiliki kekurangan dan kita menerima kekurangan itu dengan penuh dan merasa bahagia terlepas segala kekurangan pada diri.

Satu hal lagi nih, kami telah menulis 6 Situs E-Library Gratis Yang Bisa Kamu Gunakan

Buku Self Improvement Yang Bisa Kamu Baca

Buku menjadi salah satu teman terbaik untuk kamu yang sedang menjadi long-life learner untuk mempelajari dirimu dan mengembangkannya. Buku  biasanya menuturkan berbagai bentuk Self improvement di segala aspek kehidupan. Bagaimana Self improvement bisa dilakukan di tempat kerja. Bagaimana Self improvement dapat dipelajari dari lingkungan keluarga, dan banyak macamnya. 

Di sisi yang lain kita bisa memotivasi diri sendiri juga memotivasi orang lain. Jika kita tidak tahu caranya, maka inilah saatnya untuk menelusuri beberapa buku pengembangan diri tentang cara melakukannya. Berikut rekomendasi buku Self improvement yang cocok untuk kamu baca sebagai referensi tambahan dan bagian dari prosesmu.

21 Indispensable Qualities of Leadership: Becoming the Leader Others Will Follow - John C. Maxwell

Mengapa beberapa orang secara konsisten menginspirasi orang lain untuk mengikuti jejak mereka? Dalam buku Self improvement ini, penulis mengidentifikasi ciri-ciri utama ini sebagai karakter, karisma, komitmen, komunikasi, kompetensi, keberanian, ketajaman, fokus, kemurahan hati, inisiatif, mendengarkan, semangat, sikap positif, pemecahan masalah, hubungan, tanggung jawab, keamanan, disiplin diri, pengabdian, kemampuan diajar, dan visi.

Maxwell membreakdown kualitas kepemimpinan menjadi kualitas karakter yang mudah dipahami. Karakter adalah apa yang mendefinisikan seorang pemimpin, dan sifat-sifat inilah yang dimiliki oleh orang-orang yang berkarakter. Buku yang harus dibaca oleh para pemimpin di posisi apa pun.

Making Habits, Breaking Habits - Jeremy Dean

Jika kita pernah bertanya-tanya mengapa kita cenderung melakukan kebiasaan-kebiasaan tertentu atau mngkin kita berharap agar mengetahui cara bagaimana menghentikan kebiasaan itu dengan cepat dan efektif, maka ini adalah buku yang cocok!

Making Habits, Breaking Habits (2013) membuka ilmu di balik kebiasaan sehari-hari yang "mengendalikan" hidup kita dan bagaimana kebiasaan itu terbentuk.

Melalui eksplorasi kritis ini, Jeremy Dean menyoroti pilihan kita, mengungkapkan kecenderungan kita untuk menjadi zombie kebiasaan dan menawarkan saran yang memberdayakan untuk memutus siklus melalui pembentukan kebiasaan sehat secara sadar.

Getting to Yes with Yourself - William ury

Tips resolusi konflik dari negosiator profesional. Pernahkah kita harus menavigasi situasi yang sulit? Bagaimana dengan merundingkan perjanjian damai sewaktu konflik Timur Tengah? Kebanyakan orang mungkin belum memiliki pengalaman itu, tetapi William Ury memilikinya!

Baca juga Review Buku "The Black Swan" Karya Nassim Nicholas Taleb - Membuka Mindset Kita

Sebagai mediator profesional, Ury mengkhususkan diri dalam penyelesaian konflik yang berhasil. Getting to Yes With Yourself (2015) adalah kumpulan kiat teratasnya untuk menyelesaikan konflik pribadi-- atau antarpribadi!-- yang mungkin pernah kita hadapi.

Keep Going - Austin Kleon

Panduan cara sederhana untuk memicu inspirasi selama masa kondisi baik dan buruk, pelajari cara menghidupkan kreativitas dan pertahankan ambisi kita, Ya! ambisi. Orang-orang kreatif melewati kebiasaan kreatif. Itu tak terelakkan. Terkadang kita melihat kanvas kosong itu dan tidak tahu bagaimana kita akan mengisi ruang itu.

Orang lain akan melihat dokumen kosong dan gagal menemukan kata-kata untuk mengisinya. Kita tidak sendiri. Tetapi dengan Austin Kleon's Keep Going, kita dapat belajar bagaimana menerapkan sepuluh aturan sederhana untuk tidak hanya tetap kreatif tetapi juga tetap fokus dan jujur pada diri sendiri.

Kita dapat belajar bagaimana menjaga kreativitas yangmengalir dengan menerapkan tugas-tugas sederhana seperti menetapkan rutinitas, mengaktifkan mode pesawat, dan bahkan merangkul ketenangan batin kita.

Jika kita adalah orang yang kreatif dan menyukai outlet kreatif, kita perlu cari tahu bagaimana kita dapat mempelajari aturan sederhana ini untuk memungkinkan agar terus memelihara dan memenuhi ambisi kita.

Quwwat al-Tafkir - Dr. Ibrahim Elfiky

Cetakan Bahasa indonesianya berjudul "Terapi Berpikir Positif". Buku Best Seller ini berisi sisi dan bagian yang menarik mengenai kekuatan pikiran kita. Pembaca diajak membuka tentang besarnya anugerah Allah yang berada dalam pemikiran kita. Serta besarnya pengaruh pikiran terhadap tingkah laku, emosi, & peristiwa yang mungkin & telah kita alami.

Dalam buku ini terdapat Tiga bagian pembahasan penting. Yang pertama berisi pemaparan bagaimana pikiran sangat berpengaruh terhadap kognisi kita, perilaku, dan emosi kita dan lainnya yang diurai ke dalam sub-sub bab yang menarik.

Pada bagian kedua dijelaskan apa saja faktor-faktor penyebab berpikir negatif, dampak berpikir negatif, dan bagaimana berpikir negatif bisa menjadi seperti candu, dalam arti, berpikir negatif bisa menjadi sebuah kebiasaan jika kita tidak mampu mengaturnya.

Baca juga Review Buku "Rich Dad Poor Dad" karya Robert T. Kiyosaki - Edukasi Keuangan dan Investasi

Pada bagian ke tiga dijelaskan dengan begitu menarik mengenai-macam berpikir itu apa saja, ciri-ciri kepribadian yang positif itu bagaimana, dan adanya tiga hal sebagai kekuatan lahirnya keseimbangan dalam berpikir positif, yang terdiri dari keputusan, pilihan dan tanggung jawab.


Buku Self Improvement Yang Bisa Kamu Baca Lainnya

How to Think Like Leonardo da Vinci Discover Your Genius: How to Think Like History's Ten Most Revolutionary Minds Michael Gelb

Buku Self Improvement ini membantu kita untuk berpikir lebih kreatif dan lebih artistik. Faktor-faktor yang dibahas dalam buku ini sangat penting, apa pun posisi kita.

What Should I Do With My Life? Po Bronson

Buku Self improvement yang memberi tahu kita bahwa tidak apa-apa untuk tidak mengetahui apa yang ingin kita lakukan. Bahwa bahkan orang yang kita pikir benar-benar bahagia mungkin tidak. Dan bahwa kita membuat kebahagiaan kita sendiri, itu semua tergantung pada bagaimana kita menghadapinya.

Rhinoceros Success Scott Alexander

Salah satu buku yang banyak direkomendasikan orang. Buku ini adalah tentang memimpin, dan bagaimana terkadang kita harus melakukan hal yang tidak populer untuk membuat perbedaan dan menonjol sebagai seorang pemimpin. "Jadilah badak!"

Problem Solving 101

Panduan yang sangat sederhana dan tajam, awalnya dipasarkan untuk anak-anak, Problem solving 101 adalah panduan lengkap bagi kita untuk menyusun strategi solusi kreatif. Ditulis oleh aktor pemenang Academy Award Ken Watanabe.

Problem Solving 101 adalah buku pegangan ramah anak untuk berpikir kritis yang menjadi buku terlaris internasional dalam semalam. Tapi jangan tertipu — ini bukan hanya untuk anak-anak! Karena wawasan Watanabe sangat unik, mereka menawarkan sesuatu untuk orang dewasa dan anak-anak.

Jadi, jika kita merasa pernah ingin memecahkan teka-teki lebih cepat, bertukar pikiran tentang solusi baru untuk proyek di tempat kerja, atau sekadar merasa lebih pintar dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak akan menyesal membaca buku ini!

Ini hanyalah beberapa dari buku self improvement yang populer yang dapat kita cek dan baca kapan pun saat kita menginginkan jawaban atas pertanyaan seputar se;f improvement atau pengembangan diri.

***

Semoga Bermanfaat

Rekomendasi Buku Self-Improvement Yang Harus Kamu Miliki
Baca juga :
Checkout Form Whatsapp
Data Anda
Data Lainnya
KIRIM