6 Situs Download Ebook Gratis Yang Bisa Kamu Gunakan

Books, Stack, Library, Bookshelves, Shelf, Education

Download Ebook Gratis - Buat sohib semua yang suka baca ebook baik karena nyaman, ringan, atau alasan lainnya, di sini saya hanya ingin bilang "kita sama" 😌. Sebagai generasi abad 21-an tentu kita sangat tidak asing dengan "digitalisasi" di berbagai dimensi, dan tentunya dunia buku dan perpusatakaan juga mendapat pengaruhnya.

Seiring dengan kemajuan teknologi digital, semakin banyak orang memilih ebook dan audiobook ketimbang buku cetak. Salah satu raksasa E-commerce yakni Amazon saja telah menyediakan jutaan ebook pada berbagai kategori untuk bisa kita nikmati. 

Penulis pun merasa sangat nyaman menggunakan ebook, alasan utamanya karena ringan dan hemat ruangan. Saya pernah membahas ini di artikel alasan menggunakan kindle ebook reader yang mana hal tersebut benar-benar memberi kenyaman lebih ketika membaca ebook. --Ok skip 😀

Ada beberapa situs favorit yang biasa saya kunjungi untuk menemukan ebook Gratis. Berikut ini ada 6 Situs yang bisa sohib kunjungi juga, semoga bermanfaat:

Open Library

ebook-gratis 

Salah satu situs ebook terlengkap, sekarang kita bisa "meminjam" jutaan buku dari berbagai genre hanya melalui komputer atau gadget. Open Library memiliki visi untuk mengumpulkan seluruh buku-buku yang pernah diterbitkan manusia di seluruh dunia.

Ribuan hingga jutaan pengunjung tiap bulannya telah menikmati fasilitas yang ada di situs tersebut. Orang-orang dari berbagai negara memanfaatkan situs ini karena ebook yan gtersedia tidak hanya mengunakan bahasa inggris, tapi tersedia dalam berbagai bahasa.

Katalog dalam situs ini dapat diedit (open) oleh siapapun, jadi kita bisa mengunggah buku yang kita tulis ke dalam web ini dengan mudah jika ingin turut mempublishnya. 

Salah Satu fitur Menarik dari situs ini yakni kita bisa membuat semacam list buku yang hendak kita baca, Seperti "daftar yang ingin dibaca" atau "daftar buku yang sudah dibaca". Selain itu juga terdapat format audio juga, jika kita suka dengerin buku dibacakan, maka ini salah satu fitur yang tepat untuk kita coba.

Seluruh buku dapat dicari dengan kolom pencarian yang sangat efektif, kita cukup mengetikan judul buku atau penulis yang kita inginkan maka akan dengan mudah ditemukan. Bahkan jika kita hanya ingin mencari pada fokus topik tertentu juga kita bisa memfilternya dengan kueri yang diinginkan. 😊

Gutenberg

Sejak 50 tahun didirikan, projek gutenberg ini tetap konsisten mendigitalisasi berbagai literatur dan karya seni lainnya di seluruh dunia. 

Ebok yang pertama kali dibuat yakni buku thomas jefferson yang berjudul "The Declaration of Independence of the United States of America by Thomas Jefferson" dan jutaan ebook lainnya dapat kita nikmati dan diakses secara gratis.

Kita bisa memanfaatkan fitur pencarian untuk menemukan buku yang kita cari secara cepat dan akurat berdasarkan judul, popularitas, penulis, bahasa, dan jenis file. 

Kita juga dapat mencari berdasarkan subjek atau kategori, seperti buku audio, gambar, atau musik. Tidak ada biaya atau pendaftaran, Semuanya dari Project Gutenberg gratis tanpa biaya bagi pembaca. 

Sebagaimana Open Library, Project Gutenberg juga menawarkan ebook gratis di setiap kategori, mulai dari sejarah dan hukum hingga musik, psikologi, dan sains.

Bagi kita yang sangat tertarik untuk belajar bahasa asing, kita bisa memanfaatkan literatur yang ada di gutenber ini karena kebanyakan ebook tersedia dalam bahasa Inggris, beberapa telah diterbitkan dalam bahasa Arab, Yunani Kuno, Navajo, atau Maya dll.

IslamHouse